klik sponsor dulu gan

Kamis, 20 September 2012

UNSUR RADIOAKTIF


            Atomterdiri atas inti dan elektron-elektron yang beredarmengitarinya. Lintasanelektronmengitari inti atomkitasebutkulitatom.
Reaksi yang menyangkutperubahansusunaninti atom disebutreaksiintiataureaksinuklir (nucleus = inti ).
            Reaksi inti ada yang terjadi secara spontan ,ada juga yang terjadikarenabuatan. reaksi inti spontanterjadi pada inti yang tidakstabil. Zat yang mengandungintitidakstabilinidisebutzatradioaktif.
           
1.      PenemuanKeradioaktifan
Padatahun 1895, Roentgenmenemukansinar X, suaturadiasi electromagnet berenergitinggi yang dapatmenghitamkanpelatpotretmeskimasihterbungkuskertashitam.
Sinar X kinidigunakanuntuk roentgen.Tertarikakanpenemuansinar X, Henry Becquerelmenelitiradiasi yang dipancarkanolehbatuan yang dapatberpendar. Secarakebetulan, Becquerel menelitibatuan uranium sehinggamenghantarkannyapadapenemuankeradioaktifan, yaitupadatahun 1896.Becquerel menemukanbahwauraniumsenantiasamemancarkanradiasi secara spontan. Fenomenainidisebutradioaktivitas. Isotop yang bersifatradioaktifdisebutisotopradioaktifatauradioisotop, sedangkanisotop yang tidakradioaktifdisebutisotopstabil.

2.      Sinar-sinarRadioaktif
Radiasi yang bermuatanpositifdinamaisinar alfa, dan yang bermuatannegativediberinamasinar beta, selanjutnya, Paul U. Vilardmenemukanjenissinarketiga yang tidakbermuatan dan diberinamasinar gamma
a.      Sinar Alfa (a)
Sinar alfa merupakanradiasipartikelbermuatanpositif. Partikelsinar alfa dengan inti helium-4 (42 He), bermuatan +2e dan bermassa 4 sma. Partikelsinar alfa itumerupakangabungan dan dari 2 proton dan 2 neuron.
b.      Sinar Beta (b)
Sinar beta adalahberkaselectron yang berasaldariintoiatom. Partikel beta bermuatan –le dan bermassa  1/1840 sma. Olehkarenasangatkecil, partikel beta di anggaptidakbermassasehinggadinyatakandengannotasi0-1e.
c.       Sinar Gamma (g)
Sinar gamma adalahradiasielectromagnetberenergitinggi, tidakbermuatan dan tidakbermassa. Sinar gamma dinyatakandengannotasi00g.
3.      PersamaanInti
Pemancaranradiasioleh unsure radioaktifdisebutpeluruhan(disintegrasi). Proses peluruhandipaparkandengansuatupersamaan yang disebutpersamaaninti( nuclear equation). Misalnya, peluruhan uranium yang disertaipemancaranpartikelalfadipaparkandenganpersamaanintisebagaiberikut.
            92238U ®23490Th + 42He
persamaanintijugamengikutiazaskesetaraan. Suatupersamaanintidikatakansetarajikamuatan( nomor atom ) danmassa di ruaskirisamadengan di ruaskanan.
Untukcontoh di atas:
            Jumlahmuatan di ruaskiri = 92 ; di ruaskanan = 90 + 2 = 92
            Nomormassa di ruaskiri = 238 ;  di ruaskanan = 234 + 4 = 238
4.      Transmutasibuatan ( Artifial Transmutation )
Perubahansuatunuklidamenjadinuklidalaindisebuttransmutasi. Transmutasispontanterjadi pada peluruhanradioaktif. Transmutasidapat juga terjadi pada inti stabil, yaitujika di tembakidenganpeluruatomer, sepertipartikelalfa ,neuronatausuatu inti ringan. Transmutasi yang dilakukandenganitudisebuttransmutasibuatan
5.      LajuPeluruhan dan Waktu Paro (t1/2)
Secara sistematis, lajupeluruhandinyatakandenganpersamaansebagaiberikut.
                  v = l x N

                        l = tetapanpeluruhan( serupadengank dalampersamaanlajureaksi ),nilainyabergantung pada jenisradioisotope
                  N = jumlahnuklidaradioaktifdalamcontoh
6.      PengaruhRadiasiPadaMakhlukHidup
Radiasidapat member dampak negative padamakhlukhidup.Walaupundalamjumlah yang relative kecilradiasidapatmenimbulkanpengaruh yang serius.Hal initerjadikarenasinarradioaktifdapatmengakibatkanionisasi, pemutusanikatankimiapentingataupembentukanradikalbebas yang reaktif.Ikatankimiapentingmisalnyaadalahikatan pada struktur DNA dalamkromosom.
Pengaruhradiasi pada manusia( makhlukhidup ) juga bergantung pada waktu paparan. Suatu dosis yang diterima pada sekaliakanlebihberbahayadaripadabila dosis yang sama diterima pada waktu yang lebih lama.
Di sampingdampaknegatifnya, radiasidapat juga  dimanfaatkanuntukberbagaikeperluan. Mengenaihaltersebutakan di bahas pada subbabberikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar