klik sponsor dulu gan

Kamis, 20 September 2012

Karbon dan senyawa karbon

1.     Karbon dan senyawa karbon
Karbon (c) merupakan unsure yang sangat lazim. Dalam kehidupan, kita mengenala beberapa bentuk karbon yaitu arang , grafit, dan intan. Bentuk-bentuk yang berbeda dari unsure yang sama kita kenal dengan istilah alotropi. Perbedaan sifat di antara bentuk altropi tersebut terjadi karena perbedaan struknya.
Kelimpahan karbon di kulit bumi hanya sekitar 0.08%. sekitar 50% dari karbon tersebut terdapatsebagai karbonat, misalnya kalsium karbonat (CaCO3).


a.     Intan
Intan merupakan zat padat yang bening berkilau dan merupakan zat yang paling keras. Setiap atom karbon dalam intan berada di pusat suatu tetrahedron dan terikat secara kovalen kepada 4 atom karbon lainnya yang berada di sudut tetrahedron tersebut. Struktur demikian berlanjut ke semua bagian intan membentuk suatu jaringan tiga di mensi yang kokoh dengan titik leleh dan titik didih yang sangat tinggi.
Penggunaan intan sesuai dengan sifatnya yang keras dan mengkilap. Sebagian besar intan alam di gunakan untuk perhiasan. Intan alam yang tidak cukup baik untuk perhiasan dan intan buatan di gunakan untuk membuat alat pemotong (seperti pemotong kaca ), gerinda dan matabor.
b.     Grafit
Grafit mempunyai struktur yang berbentuk lapisan. Dalam satu lapisan, setiap atom karbon terikat secara kovalen kepada 3 atom karbon lainnya, dalam suatu susunan berbentuk heksagonal. Jadi, setiap lapisan adalah satu molekul raksasa. Ikatan antar lapisan jauh lebih lemah jiks di bandingkan dengan ikatan antar atom dalam satu lapisan. Jarak antar lapisan hamper 2,5 kali lebih besar dari jarak antar atom dalam satu lapisan . hal itu menyebabkan grafit bersifat licin karena satu lapisan dapat meluncur di atas lapisan lainnya.
Penggunaan grafit terutama berdasarkan sifatnya yang licin dan kemampuan menghantar listrik. Beberapa penggunaan grafit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar